Countries on middle east (Negara2 di timur tengah)

1.Arab Saudi 2. Bahrain 3.Uni Emirat Arab 4.Mesir 5.Yaman 6.Palestina 7.Irak 8.Oman 9.Qatar 10.Lebanon 11.Suriah

Mesir
atau dalam bahasa inggris egypt .Ibukotanya kota Cairo.Kawasan2 elite yang ada dikota cairo:
1.Maadi 2.Heliopolia & El-zamalek 3.dokki 4.Mohandesen
Saking kayanya dengan peradaban dan peninggalan sejarah, para arkeolog menciptakan suatu disiplin ilmu (Egyptology) yaitu ilmu tentang mesir.Mesir terkenal dengan peradaban kunonya dan beberapa monumen kuno termegah didunia . Contohnya: ada piramida di giza, kuil karnak, Lembah raja serta kuil ramses Luxor.



Ini adalah bangunan piramid dan spinx.


Gambar kuil karnak di luxor.


Kuil ramses


Lembah raja-raja.

Selain itu ada universitas tertua didunia yaitu:Al-azhar. Banyak sekali mahasiswa indonesia yang menuntut ilmu disana .
Gambar disamping adalah impianku.
Aq pengeeeen banget kuliah disana.Aduh, jadi ingat film Kcb(Film Favoritku) Yang syuting langsung ke cairo.



Lebanon
Merupakan negara multicultural dikaasan timur tengah.
Kebudayaan lebanon merupakan hasil
perpaduan kebudayaan arab dan eropa (Khususnya Perancis).
Bahasa pengantar : Arab,Inggris, Perancis. Ibu kotanya Beirut.
Ada 6 universitas ternama di beirut :
  1. American University Of Beirut
  2. Saint Joseph University
  3. Lebanese University
  4. Lebanese Arab University
  5. Lebanese American University
  6. Armenian Hagazian College.
Lebanon dianggap sebagai Ibukota Perbankan didunia Arab dan umumnya dianggap sebagak "Swiss" ditimur tengah. Sedangkan Beirut (Ibukota Lebanon) Dianggap "Parisnya" Timur tengah. Selama beribu-ribu tahun, Lebanon menjadi persimpangan utama peradaban. Lebanon Negara kecil yang mempunyai budaya yang luar biasa kaya dan hidup.
Aq pengen banget kesana :).




 Nih ada beberapa tempat2 wisata yg ada lebanon.


Beirut

Ibukota Lebanon ini berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa dan merupakan salah satu kota tertua yang masih ada sejak zaman phoenician (lebih dari 5 ribu tahun silam). Beorut, pada zaman dahulu dikenal dengan nama “biruta” yang berasal dari kata semitic, atau “bir” dari bahasa arab. Keduanya mempunyai makna sama yaitu “sumur”. Artinya sumur yang berlimpah air bagi penduduk kota.

Posisi beirut yang strategis, berada di persimpangan antara timur dan barat, suhunya yang relatif sedang, penduduknya yang cukup terbuka dan gaya hidup yang dinamis menjadi magnet yang mampu menarik minat bangsa-bangsa asing untuk menyinggahi kota di tepi aut mediteranian ini sejak 5000 tahun yanng lalu. Sehingga tidak aneh jika disamping keragman budayanya, juga kerap terjadi konflik kepentingan sejak masa itu hingga sekarang yang tidak jarang berakhir dengan pertumpahan darah. Namun begitu, beirut tetap kokoh dan tak lekang. Karenanya, kota beirut juga mendepat gelar “kota yang enggan untuk lekang”

Sebagai kota historis, beirut menyuguhkan berbagai informasi penting tentang peninggalan sejarah yang memiliki nilai seni tinggi, seperti sisa sisa bangunan era Romawi dan Byzantium begitu pula masa oeninggalan Ottoman, Abbasiah, Persian hinggan phoenician dan caneanite. Untuk membuktikanya, museum nasional di beirut wajib di tengok.
Peradaban kegamaan juga mewariskan beragam arsitektur kuno di tengah kota ini seperti Al-Omari mosque, Al-AssafMosque serta peninggalan Gereja the Greek Orthodox Cathedral of St. George dan Chatedral of St. Ellias
. Al-Omari Mosque

Sevagai kota yang dinamis, beirut menjanjikan kesuksesan. Perdagangan dan perbankan mendapat tempat yang luas di sini. Shopping center bak jamur di musim hujan. Pasar hamra dan solider paling pas untuk memanjakan pengunjung yang gemar berbelanja sekaligus menikmati panorama khas ala Paris. Sementara bagi ingin menikmati sunset ala Beirut, mengunjungi Roushe atau Piegon Rock akan menjadi pilihan tepat untuk melihat icon lain beirut tersebut.

Jounieh

Terletak kira-kira 20 km di sebelah utara beirut, jounieh meruoakan wilayah pengembangan dari ibukota Beirut, kawasan ini sangat indah dilihat pada malam hari maupun pada tengah hari. Berawal dari pinggiran pantai yang menjulurkan bangunan-bangunan hingga ke perbukitan hijau. Lembah asri yang terletak di kawasan kesorwani ini banyakmenyisakan bangunan tua peninggalan sejarah yang berdampingan dengan perhotelan, resort, resttaurant, klab malam, pub serta lokasi wisata bahari hingga casino du liban yang megah. Tak salah jika lembah Jounieh terkenal sebagai tempat kehidupan malam.

Akan lebih menarik jika pengunjung mampu mengekplorasi keindahan jounieh dari atas ketingga=ian dengan menggunakan kereta gantung, telefrique, yang merambat meneju titik bukit, dimana berdiri patung Lady of Harissa yang melambangkan Bunda Maria. Patung tersebut dibangun di atas bukitdengan ketinggian 600 meter dari garis laut yang menghadap ke teluk pantai Jounieh.

Jeita Groto

Merupakan nama sebuah Gua Stalactite yang terletak di kaki bukit sekitar 20 km utara Beirut. Jeita Groto cukup menarik untuk dilihat karena dinding-dindingnya terdiri dari kristal es yang membeku ribuan tahun lamanya. Di atas permukaannya menjulur membentuk tombak bening, sebagian di antaranya meneteskan Kristal air.

Gua besar ini ditemukan pertama kali pada tahun 1836 oleh seorang penjelajah Amerika bernama Thompson dan mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1958. Jeita mempunyai dua obyek besar untuk dinikmati, yaitu dengan mendaki dengan menggunakan sampan kecil. Lampu-lampu yang ditanam di dasar sungai gua menebarkan kesan anggun dan mistis ketika sampan-sampan melintas di atasnya.

Untuk sampai ke gua tersebut, pengunjung mesti naik kereta gantung selama kurang lebih 10 menit. Sebelum masuk gua, terdapat sebuah auditorium untuk menyaksikan film yang bercerita tentang proses pembangunan dan penjelajahan tim peneliti saat mengobservasi gua tersebut.

Byblos atau Jbail

Berkunjung ke Lebanon terasa tidak lengkap bila tidak mampir ke Byblos, sebuah kota tertua di dunia yang dibangun 7000 tahun silam oleh bangsa Phoenicia. Nama Jbail atau latinnya Byblos diambil dari nama penguasa pertama yaitu Jobl.

Sejarah mencatat berlangsungnya pendudukan atas Byblos secara silih berganti. Dari kota kecil inilah sejarah awal Lebanon terbentuk. Di kota yang letaknya 36 km sebelah utara Beirut ini bisa dijumpai sisa-sisa peninggalan berupa istana yang dikelilingi bangunan-bangunan rumah asli penduduk kala itu. Di kota pelabuhan ini masih tersisa sebuah Crusader Castel dan the Church of Saint John yang dibangun pada abad ke 12, sebagai pertanda penyerbuan orang-orang Eropa ke wilayah ini pada masa perang Salib.

Baalbeck

Baalbeck terletak 85 km timur laut dari Beirut. Di kota yang berjuluk kota matahari (city of the Sun) pada periode Hellennistic/Heliopolis ini kita bisa menemukan jejak kekaisaran Romawi berupa bangunan benteng dengan pilar-pilar yang tinggi besar. Candi Jupiter, Bacohus dan Venus merupakan bangunan candi yang terbesar yang pernah dibangun pada keemasan jaman Romawi. Dari sisa-sisa reruntuhan, teronggok sebongkah batu yang digunakan untuk membangun candi tersebut yang merupakan batu terbesar yang pernah ada di dunia dengan panjang 21,5m dan lebar 4,8m.

Sebagai penghargaan atas nilai historisnya, Baalbeck dipilih sebagai tempat pagelaran festival tahunan yang menampilkan berbagai karya seni budaya dengan reputasi internasional yang tinggi dan selektif  untuk disuguhkan kepada masyarakat pecinta seni dengan background pentas yang bercita rasa kombinasi antara masa lampau dengan modern.

Beiteddine

Beiteddine secara harfiah adalah istana agama (House of Faith) yang teletak kira-kira 48 km sebelah tenggara kota Beirut. Istana ini dibangun oleh Emir Basyir Al-Syihabi pada abad ke-X dengan sentuhan seni bernilai tinggi.

Pahatan dindingnya yang amat detail terdiri dari marbel, serambi serta mozaik pintu-pintunya yang monumental dengan air mancur dan galleri khas gaya bangsawan Arab membuat mata enak memandang.

Di dalam kompleks istana tersebut dibangun sebuah gedung khusus sebagai tempat tinggal Amine, putra Emir Basyir, yang kemudian direkonstruksi menjadi hotel dengan nama the Mir Amine Palace.

Kemegahan dan keunikannya Beitrddine inilah banyak menarik para entertainer untuk mendatangkan para artis top mancanegara untuk melakukan konser musical akbar di Lebanon dengan bungkus Festival Beiteddine.

Tyre

Terletak 80 Km di bagian Selatan Beirut, kota Tyre juga termasuk kota terbesar pada sejarah masa lampau. Berdasarkan keterangan Herodotus ahli sejarah, kota itu dibangun kurang !ebih 2750 SM. Kota yang dibangun sebagai pemunjaan kepada Meqarth, Tuhannya dan penguasa Tyre, dimana candi (pemujaan kepadanya dibangun di kota pelabuhan tersebut sebagai bukti sejarah yang sangat dikenal.

Terdapat pula sisa-sisa peninggalan kejayaan penguasa kota Tyre yang silih berganti, seperti pade era Phoenecian, Yunani,  Alexander the Great, Romawi, Byzantine dan raja raja Babylonia Nebuchadnezzar. Peninggalan bersejarah tersebut terkubur dan masih tersisa runtuhan bangunan-bangunannya, menunjukkan kota ini sangat menarik dan terkenal pada masa itu.

Pada tahun 1979, UNESCO menyebutkan kota Tyre sebagai peninggalan sejarah dunia karena terdapat berbagai rnonumen sejarah masa lampau yang diketemukan di wilayah kota tersebut, seperti l’ Triumphal de Arch, Roman public baths, the Hippodrome, the Necropolis dan sebagainya.

Sekarang kota Tyre merupakaan tempat yang cukup sibuk dengan pelabuhannya dan berbagai pasar tradisionalnya. Dengan demikian bilamana pengunjung melewati dan berjalan disepanjang bangunan peninggalan sejarah tersebut masih dapat merasakan suasana peradaban kota tersebut seperti pada masa lampau.

Tripoli

Kota kedua di Lebanon setelah Beirut ini terletak 85km di utara Ibukota. Berdiri pada abad ke-14 SM, menjadikan kota industri ini penuh dengan sentuhan-sentuhan sejarah. Bangsa Phonecian menjadikannya sebagai poros industri khususnya di kawasan pantai yang saat ini menjelma sebagai bandar pelabuhan. Pada era kekuasaan Persia, tripoli dikonstruksi sebagai pusat penyatuan para suku/kabilah antara lain bangsa Sidon, Tyre, Arwad dsb. Pada era Alexander Agung, Tripoli menjelma menjadi pusat perdagangan dan pangkalan laut bagi militernya.

Pada era Romawi, Tripoli mengalami kemajuan yang luar biasa, bangunan-bangunan khas Roman muncul seperti candi Astrout dll serta sering diadakan pesta-pesta olahraga sehingga banyak mencetak atlet-atlet mediterania khas Romawi. Tripoli-Romans mengalami kemunduran ketika dikuasai bangsa Byzantium pada tahun 551 akibat gempa hebat dan gelombang pasang laut raksasa yang menghantam Tripoli tahun itu.

Pada tahun 635, Tripoli dibebaskan oleh tentara muslim pada dinasti Omawi. Sementara saaat dikuasai oleh dinasti Fatimiyah pada pertengahan abad 11M, Tripoli memiliki pemerintahan otonomi dan menjelma menjadi pusat ilmu pengetahuan serta kebudayaan yang amat disegani.

Faraya

Bagi penggemar ski dan olahraga salju lainnya, kota kecil di punacak Kserwan ini adalah lokasi yang sangat pantas untuk dieksplorasi. Faraya adalah sisi lain dari Lebanon yang memiliki nilai jual wisata musim dingin yang tinggi. Faraya menyediakan 13 pos atau titik bagi peselancar salju untuk naik ke ketinggian 2500m dari permukaan laut untuk kemudian menuruni lekuk-lekuk pegunungan sambil menikmati pemandangan indah lembah Beeka, Jbal Seikh maupun daerah Cedar dan pantai Lebanon.








 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY Masker Kunyit dan Tomat

The Benefits of using the Computer

Paris Bukan Sekedar Eiffel